VISI,
MISI DAN STRATEGI
MADRASAH
TSANAWIYAH AL-MUBAROKAH
A. Visi Madrasah Tsanawiyah Al
Mubarokah
”Mewujudkan
Siswa Siswi yang Cerdas, Disiplin, Kreatif, Beriman dan Bertakwa (Cerdik
Bertakwa)”
Makna visi: Mewujudkan Kecerdasan
Memiliki prestasi yang relatif unggul berkaitan dengan kecerdasan
komprensif, yakni: kecerdasan
intelektual, kecerdasan emosional dan sosial, kecerdasan kinestetis, dan
kecerdasan spiritual.
Makna visi: Mewujudkan Cerdas dalam
Kedisiplinan
Memiliki kemauan untuk berkarya dan mencipta berkaitan dengan kecerdasan
komprensif, yakni: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan
sosial, kecerdasan kinestetis, dan
kecerdasan spiritual.
Makna visi: Mewujudkan Cerdas dalam Kreatifitas
Memiliki kemauan untuk berinovasi berkaitan dengan kecerdasan komprensif,
yakni: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan sosial, kecerdasan kinestetis, dan kecerdasan
spiritual.
Makna visi: Mewujudkan Cerdas dalam Beriman dan Bertakwa
Memiliki kemauan untuk berusaha menjadi insan yang berakhlak mulia yang
tercermin dalam pelaksanaan kehidupan bertauhid, beribadah, dan berperilaku
sehari-hari.
Untuk kemudahan menjabarkannya ke dalam misi, tujuan dan strategi, keempat
visi tersebut dirumuskan ke dalam tiga bidang garapan:
1) wawasan ilmu
pengetahuan yang luas;
2) keterampilan
hidup (life skill) yang memadai;
3) wawasan
keislaman yang didukung oleh ilmu amaliah dan amal ilmiah
Ketiga aspek ini dijiwai oleh visi pendidikan nasional, yakni menghasilkan
insan Indonesia yang cerdas komprehensif dan kompetitif. Rincian mengenai
kecerdasan komprehensif dan kompettitif tersebut adalah sebagai berikut.
Cerdas
Spiritual
• Beraktualisasi
diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi
pekerti luhur dan kepribadian unggul.
Cerdas emosional & sosial
• Beraktualisasi
diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiasivitas akan
kehalusan dan keindahan seni dan budaya, serta kompetensi untuk
mengekspresikannya.
• Beraktualisasi
diri melalui interaksi sosial yang:
–
membina
dan memupuk hubungan timbal balik;
–
demokratis;
–
empatik
dan simpatik;
–
menjunjung
tinggi hak asasi manusia;
–
ceria
dan percaya diri;
–
menghargai
kebhinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara; serta
–
berwawasan
kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.
Cerdas Intelektual
• Beraktualisasi
diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
• Aktualisasi
insan intelektual yang kritis, kreatif danimajinatif.
Cerdas kinestetis
• Beraktualisasi
diri melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, berdaya-tahan,
sigap, terampil, dan trengginas.
• Aktualisasi
insan adiraga.
Kompetitif
• Berkepribadian
unggul dan gandrung akan keunggulan
• Bersemangat
juang tinggi
• Mandiri
• Pantang
menyerah
• Pembangun dan
Pembina jejaring
• Bersahabat
dengan perubahan
• Inovatif dan
menjadi agen perubahan
• Produktif
• Sadar mutu
• Berorientasi
global
• Pembelajar
sepanjang hayat
B. Misi Madrasah Tsanawiyah Al
Mubarokah
Bidang
garapan: Wawasan Ilmu Pengetahuan
1) Mengembangkan pola pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum dan didukung dengan pembinaan aktualisasi hasil belajar dalam
kehidupan sehari-hari.
2) Mengembangkan minat belajar dan mengoptimalkan seluruh
media pendidikan yang ada sebesar-besarnya dicurahkan untuk meningkatkan kualitas akademik
pada siswa.
3) Mengembangkan pembinaan akhlak melalui kegiatan
keagamaan yang diselenggarakan dalam berbagi bentuk kegiatan.
Bidang garapan: Keterampilan
Hidup (Life Skill)
1) Menggali
kesadaran potensi siswa dan mengembangkannya untuk dapat sepenuhnya terinterpretasikan
dalam daya nalar siswa
2) Mengembangkan
minat dan bakat siswa agar berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki
melalui pembinaan keterampilan dan mental spiritual yang berlangsung secara
terus menerus
3) Membina
minat organisasi dan menanamkan sikap demokratis melalui kegiatan-kegiatan
kesiswaan yang terarah
Bidang garapan: Wawasan Keislaman
yang didukung oleh Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah
1) Membina nilai-nilai keagamaan dan
senantiasa memberikan latihan ‘ubudiyah yang
berjenjang dan terprogram
mencapai siswa yang tafaqquh fiddiin sesuai dengan taraf belajarnya.
2) Mengembangkan pembinaan pengajian
kepesantrenan dengan metode praktis dan
sehingga mampu diimplementasikan dengan mudah
dalam kehidupan sehari-hari.
C. Strategi
Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah
Bidang garapan: wawasan
ilmu pengetahuan yang luas
1) Melaksanakan
kurikulum Madrasaah Tsanawiyah Negeri sepenuhnya.
2) Melaksanakan
kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan sesuai dengan
kultur Yayasan Al Mubarokah dan masyarakat sekitar.
3) Optimalisasi
penggunaan media pendidikan untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas
belajar.
4) Melaksanakan
pengayaan yang dianggap perlu sesuai dengan kegiatan dan situasi yang sedang
berlangsung, misalnya pada saat persiapan menghadapi ujian akhir atau ujian
nasional.
5) Penggunaan
laboratorium untuk mendukung dan menguji serta memberikan pengalaman empiris
kepada siswa, atas apa yang dipelajari di kelas. Membangun kerja sama dengan
Laboratorium LPMP.
6) Meningkatkan
peran dan fungsi perpustakaan sebagai pusat literature untuk menambah wawasan
serta untuk meningkatkan sarana dan minat baca para siswa.
7) Menerapkan
aturan secara konsekuen dan disiplin namun luwes dan bijak dalam menghadapi setiap persoalan dengan pembinaan
terpadu dan terus menerus baik dilingkungan madrasah.
Bidang garapan: keterampilan hidup (life skill)
1)
Melaksanakan proses bimbingan dan
konseling yang dilaksanakan secara
diantara seluruh komponen civitas akademika MTs. Al Mubarokah yang terpola, terarah, dan
berjenjang.
2)
Melaksanakan bimbingan dan pembinaan
keterampilan yang aplikatif dan adaptable sehingga berguna bagi kehidupannya di masa
yang akan datang.
3)
Membentuk unit kegiatan siswa ekstra
kurikuler di antaranya Pramuka, UKS, Kelompok Seni Kasidah, Hadrah, Dramband,
Beladiri Merpati Putih, Futsal, Paduan Suara, dan yang lainnya yang menampung minat dan
bakat siswa serta menyalurkannya kearah
yang positif.
4)
Pembinaan Organisasi Intra Sekolah dengan
segala aspek keorganisasiannya yang bertujuan sebagai media pembelajaran
pendidikan oraganisasi dan demokrasi kepada siswa untuk memupuk rasa persaudaraan dan solidaritas di antara
seluruh siswa.
5)
Melaksanakan kegiatan-kegiatan
peringatan hari besar agama dan Negara sebagai wujud usaha untuk
menanamkan sikap cinta Negara dan bangsa serta meningkatkan kesadaran beragama
di kalangan siswa.
6) Melaksanakan
pembinaan keterampilan dalam bidang teknologi informatika yang merupakan
tuntunan kebutuhan saat ini dengan pengenalan yang praktis dengan prosedur dan
metode yang baku sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Bidang garapan: Memiliki wawasan keislaman
yang didukung oleh
ilmu amaliah
dan amal ilmiah
1)
Melaksanakan pendidikan keagamaan yang sesuai dengan kurikulum Madrasah Tsanawiyah
Negeri
2)
Menerapkan sistem pengembangan kemapuan
indovidu dengan metode pencapaian kecakapan umum yang berjenjang dan terpola
sesuai dengan tingkat kemampuan belajar siswa.
3)
Meningkatkan pemahaman keagamaan siswa
dengan pengenalan dalil-dalil naqli dan aqli yang berkaitan
dengan kegiatan ibadah yang dilaksanakan.
4) Melaksanakan
pembiasaan beribadah kepada siswa untuk dapat melaksanakan ibadah sehari-hari
dengan sebaik-baiknya.
5) Meningkatkan
kualitas baca tulis Al-Quran dengan melaksanakan pendidikan khusus baca tulis
Al-Quran secara berjenjang, dan
terprogram.
6) Menerapkan
target hapalan dan tadarus Al-Quran
7) Menetapkan
kitab-kitab maupun risalah yang wajib dihapal sebagai standar kompetensi
lulusan.
8) Melakukan
evaluasi hasil belajar dengan ujian keagamaan tingkat akhir sebelum lulus dari
madrasah.
C.
STRATEGI PENGEMBANGAN
Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah memiliki potensi pengembangan
yang masih terbuka lebar. Usaha pengembangan ini senantiasa melibatkan seluruh
pihak terkait dalam mengembangkan lembaga.
Secara
spesifik pengembangan Madrasah Tsanawiyah
Al Mubarokah mengacu pada beberapa hal, antara lain :
1) kebijakan dan peraturan
pemerintah.
2) Majelis Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah
3) Kebijakan Yayasan Pendidikan Al Mubarok
sebagai lembaga pengayom
4) Harapan
dan permintaan publik dalam hal ini masyarakat yang terdiri atas komunitas orangtua
wali peserta didik, tokoh masyarakat, lembaga swadaya, dan masyarakat di
sekitar wilayah Yayasan.
5) Perkembangan
situasi sosial, ekonomi, budaya, teknologi dan kultur yang berkembang baik di
masyarakat, negara dan dunia pada umumnya yang disesuaikan dengan kebijakan
publik serta kultur Yayasan Al Mubarok.
Segala bentuk
kebijakan yang akan diambil akan selalu disesuaikan dengan tingkat kemampuan
madrasah dalam mengakomodasi seluruh kepentingan tersebut, dan dengan upaya
maksimal berusaha sebaik mungkin untuk dapat mencapai hasil yang optimal.
No comments:
Post a Comment