Kelembagaan; Visi, Misi dan Strategi Pencapaian



VISI, MISI DAN STRATEGI
MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUBAROKAH

A. Visi Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah

”Mewujudkan Siswa Siswi yang Cerdas, Disiplin, Kreatif, Beriman dan Bertakwa (Cerdik Bertakwa)”
     
Makna visi: Mewujudkan Kecerdasan
Memiliki prestasi yang relatif unggul berkaitan dengan kecerdasan komprensif, yakni: kecerdasan   intelektual, kecerdasan emosional dan sosial, kecerdasan kinestetis, dan kecerdasan spiritual.

Makna visi:  Mewujudkan Cerdas dalam Kedisiplinan
Memiliki kemauan untuk berkarya dan mencipta berkaitan dengan kecerdasan komprensif, yakni: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan sosial,  kecerdasan kinestetis, dan kecerdasan spiritual.

Makna visi: Mewujudkan Cerdas dalam Kreatifitas
Memiliki kemauan untuk berinovasi berkaitan dengan kecerdasan komprensif, yakni: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan sosial,  kecerdasan kinestetis, dan kecerdasan spiritual.

Makna visi: Mewujudkan Cerdas dalam Beriman dan Bertakwa
Memiliki kemauan untuk berusaha menjadi insan yang berakhlak mulia yang tercermin dalam pelaksanaan kehidupan bertauhid, beribadah, dan berperilaku sehari-hari.
Untuk kemudahan menjabarkannya ke dalam misi, tujuan dan strategi, keempat visi tersebut dirumuskan ke dalam tiga bidang garapan:
1) wawasan ilmu pengetahuan yang luas;
2) keterampilan hidup (life skill) yang memadai;
3) wawasan keislaman yang didukung oleh ilmu amaliah dan amal ilmiah
Ketiga aspek ini dijiwai oleh visi pendidikan nasional, yakni menghasilkan insan Indonesia yang cerdas komprehensif dan kompetitif. Rincian mengenai kecerdasan komprehensif dan kompettitif tersebut adalah sebagai berikut.

Cerdas Spiritual
• Beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan,  ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul.

Cerdas emosional & sosial
•   Beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiasivitas akan kehalusan dan keindahan seni dan budaya, serta kompetensi untuk mengekspresikannya.

•  Beraktualisasi diri melalui interaksi sosial yang:
        membina dan memupuk hubungan timbal balik;
        demokratis;
        empatik dan simpatik;
        menjunjung tinggi hak asasi manusia;
        ceria dan percaya diri;
        menghargai kebhinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara; serta
        berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.

Cerdas Intelektual
•   Beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam  ilmu pengetahuan dan teknologi.
•  Aktualisasi insan intelektual yang kritis, kreatif danimajinatif.

Cerdas kinestetis
•   Beraktualisasi diri melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, berdaya-tahan, sigap, terampil, dan trengginas.
•   Aktualisasi insan adiraga.

Kompetitif
•  Berkepribadian unggul dan gandrung akan keunggulan
•  Bersemangat juang tinggi
•  Mandiri
•  Pantang menyerah
•  Pembangun dan Pembina jejaring
•  Bersahabat dengan perubahan
•  Inovatif dan menjadi agen perubahan
•  Produktif
•  Sadar mutu
•  Berorientasi global
•  Pembelajar sepanjang hayat

B. Misi Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah
          Bidang garapan: Wawasan Ilmu Pengetahuan
1) Mengembangkan pola pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan didukung dengan pembinaan aktualisasi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.
2) Mengembangkan minat belajar dan mengoptimalkan seluruh media pendidikan yang ada sebesar-besarnya dicurahkan untuk meningkatkan kualitas akademik pada siswa.
3) Mengembangkan pembinaan akhlak melalui kegiatan keagamaan yang diselenggarakan dalam berbagi bentuk kegiatan.

          Bidang garapan:  Keterampilan Hidup (Life Skill)
1) Menggali kesadaran potensi siswa dan mengembangkannya untuk dapat sepenuhnya terinterpretasikan dalam daya nalar siswa
2) Mengembangkan minat dan bakat siswa agar berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki melalui pembinaan keterampilan dan mental spiritual yang berlangsung secara terus menerus
3) Membina minat organisasi dan menanamkan sikap demokratis melalui kegiatan-kegiatan kesiswaan yang terarah

Bidang garapan: Wawasan Keislaman yang didukung oleh Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah
1) Membina nilai-nilai keagamaan dan senantiasa memberikan latihan ‘ubudiyah yang
berjenjang dan terprogram mencapai siswa yang tafaqquh fiddiin sesuai dengan taraf belajarnya.
2) Mengembangkan pembinaan pengajian kepesantrenan dengan metode praktis dan
    sehingga mampu diimplementasikan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

C. Strategi Madrasah Tsanawiyah Al Mubarokah
    Bidang garapan: wawasan ilmu pengetahuan yang luas
1)   Melaksanakan kurikulum Madrasaah Tsanawiyah Negeri sepenuhnya.
2)   Melaksanakan kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan sesuai dengan kultur Yayasan Al Mubarokah dan masyarakat sekitar.
3)   Optimalisasi penggunaan media pendidikan untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar.
4)   Melaksanakan pengayaan yang dianggap perlu sesuai dengan kegiatan dan situasi yang sedang berlangsung, misalnya pada saat persiapan menghadapi ujian akhir atau ujian nasional.
5)   Penggunaan laboratorium untuk mendukung dan menguji serta memberikan pengalaman empiris kepada siswa, atas apa yang dipelajari di kelas. Membangun kerja sama dengan Laboratorium LPMP.
6)   Meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan sebagai pusat literature untuk menambah wawasan serta untuk meningkatkan sarana dan minat baca para siswa.
7)   Menerapkan aturan secara konsekuen dan disiplin namun luwes dan bijak dalam    menghadapi setiap persoalan dengan pembinaan terpadu dan terus menerus baik dilingkungan madrasah.

    Bidang garapan: keterampilan hidup (life skill)
1)   Melaksanakan proses bimbingan dan konseling yang dilaksanakan secara  diantara seluruh komponen civitas akademika MTs.  Al Mubarokah yang terpola, terarah, dan berjenjang.
2)   Melaksanakan bimbingan dan pembinaan keterampilan yang aplikatif dan adaptable  sehingga berguna bagi kehidupannya di masa yang akan datang.
3)   Membentuk unit kegiatan siswa ekstra kurikuler di antaranya Pramuka, UKS, Kelompok Seni Kasidah, Hadrah, Dramband, Beladiri Merpati Putih, Futsal, Paduan Suara,  dan yang lainnya yang menampung minat dan bakat siswa  serta menyalurkannya kearah yang positif. 
4)   Pembinaan Organisasi Intra Sekolah dengan segala aspek keorganisasiannya yang bertujuan sebagai media pembelajaran pendidikan oraganisasi dan demokrasi kepada siswa untuk memupuk  rasa persaudaraan dan solidaritas di antara seluruh siswa.
5)   Melaksanakan kegiatan-kegiatan peringatan hari besar agama dan Negara sebagai wujud usaha untuk menanamkan sikap cinta Negara dan bangsa serta meningkatkan kesadaran beragama di kalangan siswa.
6)   Melaksanakan pembinaan keterampilan dalam bidang teknologi informatika yang merupakan tuntunan kebutuhan saat ini dengan pengenalan yang praktis dengan prosedur dan metode yang baku sesuai dengan kurikulum yang berlaku.



    Bidang garapan: Memiliki wawasan keislaman yang didukung oleh
                                   ilmu amaliah dan  amal ilmiah
1) Melaksanakan pendidikan keagamaan yang sesuai dengan kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri
2)   Menerapkan sistem pengembangan kemapuan indovidu dengan metode pencapaian kecakapan umum yang berjenjang dan terpola sesuai dengan tingkat kemampuan belajar siswa.
3)   Meningkatkan pemahaman keagamaan siswa dengan pengenalan dalil-dalil naqli dan aqli yang berkaitan dengan kegiatan ibadah yang dilaksanakan.
4)   Melaksanakan pembiasaan beribadah kepada siswa untuk dapat melaksanakan ibadah sehari-hari dengan sebaik-baiknya.
5)   Meningkatkan kualitas baca tulis Al-Quran dengan melaksanakan pendidikan khusus baca tulis Al-Quran secara berjenjang,  dan terprogram.
6)   Menerapkan target hapalan dan tadarus Al-Quran
7)   Menetapkan kitab-kitab maupun risalah yang wajib dihapal sebagai standar kompetensi lulusan.
8)   Melakukan evaluasi hasil belajar dengan ujian keagamaan tingkat akhir sebelum lulus dari madrasah.

C. STRATEGI PENGEMBANGAN
          Madrasah Tsanawiyah  Al Mubarokah memiliki potensi pengembangan yang masih terbuka lebar. Usaha pengembangan ini senantiasa melibatkan seluruh pihak terkait dalam mengembangkan lembaga.
          Secara spesifik pengembangan Madrasah Tsanawiyah  Al Mubarokah mengacu pada beberapa hal, antara lain :
1) kebijakan dan peraturan pemerintah.
2) Majelis Madrasah Tsanawiyah  Al Mubarokah
3) Kebijakan Yayasan Pendidikan Al Mubarok sebagai lembaga pengayom
4) Harapan dan permintaan publik dalam hal ini masyarakat yang terdiri atas komunitas orangtua wali peserta didik, tokoh masyarakat, lembaga swadaya, dan masyarakat di sekitar wilayah Yayasan.
5) Perkembangan situasi sosial, ekonomi, budaya, teknologi dan kultur yang berkembang baik di masyarakat, negara dan dunia pada umumnya yang disesuaikan dengan kebijakan publik serta kultur Yayasan Al Mubarok.
  Segala bentuk kebijakan yang akan diambil akan selalu disesuaikan dengan tingkat kemampuan madrasah dalam mengakomodasi seluruh kepentingan tersebut, dan dengan upaya maksimal berusaha sebaik mungkin untuk dapat mencapai hasil yang optimal.

No comments:

Post a Comment